Selasa, 09 Agustus 2011

Terbagi menjadi berapa sih kaligrafi itu


        Di dalam seni rupa Islam, tulisan arab seringkali dibuat kaligrafi. Biasanya isinya disadur ayat-ayat Al-Quran. Bentuknya bermacam-macam, tidak selalu pena diatas kertas, tetapi seringkali juga ditatahkan di atas logam atau kulit.
Salah satu seni indah yang berkembang sejak manusia mengenal huruf adalah kaligrafi. Apa sih kaligrafi itu? Kaligrafi adalah seni menulis indah. Awal kaligrafi berkembang sekitar tahun 3500 SM, saat bangsa Mesir menciptakan Hieroglyphics.
Hieroglyphics adalah simbol-simbol berupa gambar dan fungsinya menyerupai huruf. Hieroglyphics ini disusun seperti kata/kalimat untuk mengatakan sesautu. Dan simbol² dilukis pada dinding makam atau ditulis di atas kertas papyrus.
Jenis Kaligrafi dikenal ada 3 :
1. Kaligrafi Latin atau Roman
2. Kaligrafi Arab
 
3. Kaligrafi Oriental (China, Jepang, Korea, dan lainnya)
Isi Kaligrafi
·         Isi kaligrafi biasanya berisi kata atau kalimat yang mempunyai arti penting. Misal: kalimat yang mengagunggkan kebesaran Tuhan, kata² mutiara, pepatah dan lainnya.
Alat dan Media Kaligrafi
·         Alat yang digunakan bermacam-macam tergantung medianya. Sedangkan medianya biasanya terdiri dari: kerta, kayu, batu dan bahan lainnya.
·         Kaligrafi yang dibuat diatas kertas, alat yang dipakai adalah tinta yang disapukan dengan kuas atau digoreskan dengan pena.
·         Kaligrafi yang dibuat diatas kayu atau batu, alat yang dipakai adalah pahat.


3 komentar:

  1. o lah ,as bayu ki pecelelean to mbok yo ojo ngarani toooooooo . mas bete, bayu tari

    BalasHapus