Selasa, 01 November 2011

kehidupan di dasar laut


Kehidupan di dalam Laut
             Luas lautan di bumi lebih luas dari pada dratan, bukan hanya daratan yang di huni berbagai makhluk hidup, taukah anda, bahwa lebih banyak organisme laut dari pada daratan?,Pantai ialah pertemuan antara daratan dan laut, di pantai terdapat tumbuhan-tumbuhan pantai yang berguna bagi manusia di antaranya ganggang, gangggang ada 2 jenis yaitu ganggang terapung dan berakar.Bukan hanya tumbuhan yang ada di pantai hewan pun tak ketinggalan yaitu teritip batu dan dan teritip pada kapal-kapal ,hewan selanjutnya yaitu  keong dan lokan kedua jenis hewan ini hidup di pantai berbatu.dan hewan yang hidup di pantai berpasir dan berlumpur yaitu cacing pasir, cacing terompet, tikus laut.
Ada pula yang namanya anemon laut yaitu hewan laut yang berwarna warni. Dengan tangannya yang banayak dan panjang itu berfungsi menangkap mangsanya yang mendekati. Ia  hidup sampai 50-60 tahun. Bunga karang termasuk anamon laut. Dia atas permukaan laut ternyata terdapat kehidupan atau yang sering disebut plankton, amat banyak organisme tumbuhan dan hewan yang terapung di permukaan laut itu yang namanya Plankton,contoh tumbuhan yang termasuk plankton yaitu kelompok Flagellata, diatom merupakan kelompok terbesar.dan contoh hewan plankton yaitu cacing panah, angsa laut, kekepoda  dan ubur-ubur.
Tumbuhan laut merupakan penyusun dari laut,ada tumbuhan laut byang harus di bekali oleh sinar matahari namun adsa pula tumbuhan yang hidup di sekitar 200 kaki di bawah permukaan laut.kebanyakan tumbuhan di beri nama rumput laut tapi kelompok terbanyak yaitu sargasum , yang termasuk kelompok rumput laut yaitu, rumput bunga karang , fokus , padina.
Hewan laut tak kalah pentingnya, diantranya yaitu ikan beribu-ribu jenis ikan laut diantaranya yang terkenal yaitu paus, gobi yang panjangnya hanya ½ inci, cucut raksasa panjangnya lebih dari 50 kaki, ada  yang ikan beranya hanya beberapa ons ada pula yang beratnya lebih dari 2000 pon, jenis ikan yang sering dimakan antara lain, AnchoviGrouper, dogfish, red snapper, pom fret,hewan yang hidupnya di dasar laut  yang dangkal seperti kepiting,bunga karang, udang , rajungan, binatang laut, teripang , udur-udur, umang-umang, bulu babi.
SSSHewan yang hidup di laut dalam skitar 15000 kaki lebihdiantaranya: angler fish, black swallower, viper fish.hewan laut menyusui yaitu paus biru, paus lemak, ada pula hewan laut yang meninggalkan laut tetapi tidak semuanya memnetap di daratan , contoh hewan tersebut yaitu: paus, anjing laut, singa laut, lumba-lumba, duyung semua hewan di atas merupakan hewan laut menyusui( mamalia). Adapun hewan laut berbahaya kira kira ada 30 jenis hewan laut yang berbahaya panjang nya milai 5-25 kaki, contoh hewan tsb:  Ikan paus pembunuh dan barakuda, macan tutul laut.
Banyak cara masing masing hewan untuk mempertahankan hidupnya didalam laut ada yang menyamar ada yang mengeluarkan tintaatau racun dari tubuhnya  ad juga yang berlindung di hewan yang besar .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar